Jumat, 07 Januari 2011

UJIAN TENGAH SEMESTER PTI


Jawaban Ujian Tengah Semester
PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI

(Fithri Noorikhlas/10862005)

Soal Bagian I:
1.     Jelaskan apa yang dimaksud dengan Teknologi Informasi (TI) ditinjau dari pengertian, definisi, kegiatan-kegiatan yang terjadi, dan unsur-unsur teknologi yang tergabung di dalam TI, selanjutnya mengapa diperlukan TI dan apa keuntungan dengan memanfaatkan TI?

*Jawab
  1. Pengertian Teknologi Informasi: Secara umum Teknologi Informasi adalah ilmu yang berkaitan dengan seni atau sains dengan pengaplikasian pengetahuan saintifik ke praktis.

  1. Definisi-definisi Teknologi Informasi:
·         Teknologi informasi adalah seperangkat alat yang membantu Anda bekerja dengan informasi dan melakukan tugas-tugas yang berhubungan dengan pemrosesan informasi (Haag dan Keen, 1996).
·         Teknologi informasi tidak hanya sebatas pada teknologi komputer yang digunakan untuk memproses dan menyimpan informasi, melainkan juga mencakup teknologi komunikasi untuk mengirimkan informasi (Martin, 1999).
·         Teknologi informasi adalah teknologi yang menggabungkan komputasi (komputer) dengan jalur komunikasi berkecepatan tinggi yang membawa data, suara, dan video (Williams dan Sawyer, 2003)

  1. Kegiatan yang terjadi: Menangkap (Capture), Mengolah (Processing), Menghasilkan (Generating), Menyimpan (Storage), Mencari Kembali (Retrieval), Melakukan Transmisi (Transmission).
  2. Unsur teknologi yang tergabung dalam Teknologi Informasi dibagi teknologi komputer dan teknologi telekomunikasi.
  3. Manfaat Teknologi Informasi
TI diperlukan karena TI bersifat sebagi berikut
*        Proses cepat dan akurat
*        Kapasitas penyimpanan besar dan akses cepat
*        Komunikasi cepat dan lain-lain
Manfaat TI adalah untuk pendidikan, kesehatan, kepolisian dan sebagainya. Salah satu contoh manfaat dalam bidang pendidikan adalah penggunaan televisi sebagai media dalam proses belajar mengajar. Dengan TI, Perolehan informasi lebih cepat karena informasi dapat dicari melalui:
§  Pustaka (ilmiah, semi-ilmiah, dan populer)
§  Media massa (cetak, radio, dan TV)
§  Lisan (wawancara dan telepon)
§  Tulisan (surat dan fax)
§  Perangkat bantu
§  Manual (pensil/pena + kertas)
§  Mesin mekanis (mesin tik)
§  Alat telekomunikasi
§  Alat elektronik (komputer

2.     Jelaskan apa yang dimaksud dengan Perangkat Keras (Hardware), Piranti Masukan (Input Device), dan Piranti Keluaran (Output Device), berikan contoh beserta fungsi masing-masing Piranti tersebut.

*jawab
§   Perangkat Keras (Hardware) adalah peralatan di sistem komputer yang secara fisik terlihat dan dapat dijamah.
§   Piranti Masukan (Input Device), berhubungan dengan proses perekaman dan pemasukan data ke dalam sistem komputer dengan cara memberi perintah ke komputer agar pengguna dapat berinteraksi dengan sistem komputer secara efektif, aman, efisien dan menyenangkan.Contoh: Mouse berfungsi untuk menggabungkan dua operasi penting berbasis layar:Kemampuan menggerakkan kursor dan  Kemampuan memilih suatu obyek pada layar ke dalam satu piranti.
§   Piranti Keluaran (Output Device) adalah perangkat periferal yang memungkinkan pengguna melihat atau mendengar data yang telah diolah komputer. Contoh: Monitor yang merupakan perangkat periferal dan berfungsi menampilkan output pada layar komputer.
3.     Jelaskan apa yang dimaksud dengan Perangkat Lunak (Software), Program Sistem, dan Program Aplikasi, berikan masing-masing contoh dan fungsinya, selanjutnya sebutkan jenis-jenis Perangkat Lunak (Software) yang ada di pasaran.

*Jawab
A.   SOFTWARE (PERANGKAT LUNAK) merupakan Salah satu unsur komputer yang berperan penting karena merupakan program yang berisi instruksi atau perintah untuk melakukan proses pengolahan data menjadi informasi. Contoh: Spreadsheet yang merupakan aplikasi yang berfungsi untuk pengolah angka. Contoh Microsoft Excel.
B.   Jenis-Jenis Software yang ada di pasaran
Word Processing (Pengolah kata), Spreadsheet (Pengolah angka), Presentasi, Database (Pengolah data), Design Grafis (Pengolah Gambar), CAD (Computer Aid Design), Multimedia dan Internet Browser.
C.   Program Sistem Operasi , Merupakan program yang digunakan  untuk membantu meningkatkan kinerja sistem operasi. Contoh Utility System:
q  Program bantu untuk mengelola gambar dan suara, contoh: Format Factory
q  Program bantu format pdf, contoh dopdf 7
q  Program bantu untuk mengompres file, contoh: Winrar
q  Program bantu untuk meningkatkan kinerja sistem operasi, contoh: TuneUp Utilities
q  Program bantu untuk menjaga keamanan komputer, contoh: Anti Virus
D.   Program Aplikasi merupakan Program yang digunakan khusus untuk tujuan tertentu atau program yang biasa dipakai oleh pemakai untuk melakukan tugas-tugas yang spesifik.contoh program aplikasi adalah Adobe Photoshop yang merupakan aplikasi Design grafis yang berorientasi pada pengolah gambar

,,,,,,ALHAMDULILLAH,,,,,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar